Microsoft Merilis Windows 11 Insider Build 23580 dan 25987

Microsoft baru saja merilis versi insider preview build baru ke Dev channel dan Canary. Versi baru ini membawa beberapa perbaikan sekaligus beberapa tambahan. Apa saja perbaikan dan tambahannya? Simak penjelasanya di bawah ini.

Update Windows 11 baru untuk Dev channel hadir dengan nomor build 23580 dan update baru untuk Canary channel hadir dengan nomor build 25987. Keduanya merupakan pembaruan tambahan kecil dengan beberapa perubahan.

Windows 11 build 23580

Windows 11 build 23580 hadir dengan akses ke Copilot di Windows untuk pengguna dengan akun lokal. Saat ini tersedia untuk sejumlah pertanyaan tanpa masuk.

Dan dilengkapi dengan peningkatan kecepatan transfer berbagi terdekat jika pengguna berada di jaringan yang sama, publik atau pribadi. Dan ada beberapa perbaikan juga.

Perbaikan

[File Explorer]

  • Memperbaiki masalah ketika penggunaan tombol maju dan mundur mouse tidak bereaksi ketika mengarahkan kursor ke bagian File yang Direkomendasikan di Beranda.
  • Memperbaiki masalah ketika Galeri berhenti ditampilkan dengan benar jika Anda menerapkan Grup Menurut ke semua folder.

[Desktop]

  • Memperbaiki masalah yang membuat tooltip desktop dalam tampilan Tugas sulit dibaca dalam tema kontras.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan ikon taskbar menghilang setelah berpindah desktop.

[Search di Taskbar]

Memperbaiki masalah ketika taskbar Anda hampir penuh dengan ikon dan Anda menggunakan kotak pencarian, mengklik kotak pencarian akan membuka pencarian dan kemudian akan segera ditutup.

[Windows Spotlight]

Memperbaiki masalah yang menyebabkan wallpaper Windows Spotlight tidak ditampilkan dengan benar di gambar mini desktop di Tampilan Tugas.

Windows 11 Build 25987

Update Windows untuk Canary channel menghadirkan opsi untuk menginstal driver WiFi (yang telah Anda unduh sebelumnya) jika tidak diinstal selama pengaturan Windows.

Juga dalam instalasi baru yang bersih, aplikasi Windows Maps dan Film dan TV tidak akan diinstal sebelumnya. Berikut detail lengkapnya.

Perubahan dan Perbaikan

[General]

  • Selama pengaturan (OOBE), ketika Anda perlu terhubung ke jaringan dan tidak ada driver Wi-Fi, Anda akan diberikan opsi untuk menekan tombol “Instal Driver” untuk menginstal driver yang telah Anda unduh sebelumnya. Anda akan melihat perubahan ini menggunakan ISO untuk Build 25977 yang disediakan di sini untuk diunduh dan lebih tinggi.
  • Mulai dari versi ini, aplikasi Windows Maps, Film, dan TV tidak akan lagi diinstal setelah melakukan instalasi OS yang bersih. Aplikasi Windows Maps, Film, dan TV tidak akan dihapus saat pemutakhiran untuk Insiders di Canary Channel dan terus tersedia dan diperbarui melalui Microsoft Store.

[Settings]

Ada menu settings baru pada page for Delivery Optimization. Anda bisa membukanya dengan menavigasikan ke Settings > Windows Update > Advanced options > Delivery Optimization to match the Windows 11 design principles.

[File Explorer]

File PNG kini mendukung tampilan dan pengeditan metadata – misalnya, jika Anda ingin menetapkan peringkat bintang di Properti, mengedit deskripsi, atau menambahkan kata kunci.

Perbaikan untuk masalah umum

Memperbaiki masalah yang menyebabkan File Explorer mogok di Windows Sandbox saat menggunakan bahasa tampilan non-Inggris.

Pembaruan Windows 11 baru diluncurkan kepada pengguna yang memilih program Insider di Dev channel atau Canary channel.

Jika Anda tidak mengetahuinya, ini seperti versi beta tetapi setiap channel memiliki peran berbeda untuk dimainkan.

Jika ingin bergabung, Anda bisa bergabung dengan Beta, Dev, atau Canary. Untuk memeriksa pembaruan, buka Settings > Windows Update dan periksa pembaruan.

Itulah informasi tentang Windows 11 versi insider preview build baru ke Dev channel dan Canary. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.